Yoga Selama Berpuasa

Gapai tubuh sehat, segar, dan bugar selama berpuasa dengan memilih olahraga yang tepat, Jadikan yoga sebagai pilihan olahraga alternatif yang tepat dan patut di coba selama bulan puasa ini.

Tahukah Anda, disaat kita diharuskan menahan lapar dan haus selama lebih dari 12 jam selama bulan puasa, sebenarnya tubuh kita masih memiliki cadangan energi yang dapat dialokasikan untuk melakukan olahraga. Yang perlu kita lakukan adalah mencari olahraga yang gerakannya lambat, tidak menguras banyak energi dan tidak menyebabkan dehidrasi. Untuk memenuhi semua persyaratan tersebut, yoga adalah jawabannya.

Selain tidak memerlukan banyak tenaga, gerakan-gerakan yoga dapat membantu melancarkan proses detoksifikasi, peredaran darah, pernapasan, dan memaksimalkan pergantian sel-sel yang rusak yang dapat memicu terjadinya kanker dengan sel-sel baru.

Untuk mengoptimalkan hasil yoga dan tidak mengganggu proses pencernaan, sebaiknya olah tubuh asal India ini dilakukan minimal 2 jam sebelum buka puasa. Kenapa? Karena pada saat itu perut dalam keadaan kosong, sehingga justru memaksimalkan detoksifikasi. Apabila racun dan zat-zat yang tidak diperlukan tubuh sudah terbuang dari tubuh, justru tubuh bisa mengolah sistem lebih baik lagi dan mengembalikan segala kerja kelenjar dan organ tubuh ke posisi natural. Di sini dapat diartikan puasa benar-benar menyucikan tubuh luar dan dalam.

Pada saat berpuasa, bisa dikatakan organ dalam tubuh kita mengalami “cooling down”. Yang biasanya makan minimal 3 kali sehari, belum terhitung ngemilnya, di saat puasa organ-organ tubuh mengalami istirahat sejenak. Apabila mendapat dukungan dari gerakan-gerakan yoga yang tepat, organ-organ tubuh akan disegarkan kembali, tidak menutup kemungkinan tubuh melakukan “self healing” dari penyakit degeneratif seperti penyakit tekanan darah tinggi, kolesterol, asam urat, diabetes, dan lain-lain.

Standing pose atau gerakan yang dilakukan dengan berdiri berfungsi untuk menguat kaki dan menaikkan energi supaya tubuh kita tidak loyo. Back bend atau gerakan seperti kayang baik untuk jantung, pernapasan dan menaikan energi.

Twist atau gerakan memutar bisa memberikan sensasi pijatan pada ginjal, organ pencernaan dan reproduksi. Sedangkan forward bend atau gerakan menunduk ke depan sangat baik bagi jantung dan menenangkan pikiran. Dan inversion atau gerakan membalikan badan dengan kepala di bawah berfungsi membalikan posisi organ tubuh kita ke posisi semula dan melancarkan peredaran darah ke otak.

President Executive Club provides Yoga classes with instructors who are certified Mrs. Sulistyowati with the internationall title of Yoga Siromani.

To register please contact the front office PEC.
Limited places … Register immediately…